Pages

Kamis, 17 November 2011

resume selanjutnya

BAB VIII
Studi Masyarakat Sebagai Media Pendidikan

Pelaksanaan pendidikan saat ini lebih memntingkan aspekkognitifnya saja, padahal aspek afektif dan psikomotorik itu sangatlah penting untuk diperhatikan. Berpijak darri masalah tersebut, maka peranan masyarakt itu sangat penting sebagai media pendidikan haruslah dapat dijadikan sebagai kajian yang komprehensif.
a. Definisi dan Ruang Lingkup Studi Masyarakat
Study berasal dari bahasa Inggris yang berarti belajar, sedangkan student adalah orang yang belajar. Menurut Quraisy Syihab, masyarakat adalah kumpulan sekian banyak individu kecil maupun besar yang terikat oleh satuan adat, ritus atau hukum yang khas dan hidup bersama.
Jadi studi masyarakat adalah belajar setuasi, perilaku, maupun system social; yang ada di lingkungan kita untuk dijadikan latihan dan pengalaman supaya dapat dijadikan bekal hidup diri siswa kelak, di samping pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari bangku sekolah.
Studi masyarakat itu berbeda dengan pendidikan masyarakat, studi masyarakat itu yang belajar adalah para siswa dengan media masyarakat sedangkan pendidikan masyarakat yang belajar adalah masyarakat itu sendiri.
Ruang lingkup pembahasab mengenai studi masyarakat meliputi definisi, metode-metode yang digunakan, aplikasi dan manfaatnya.
b. Studi Masyarakat dan Aplikasinya
Dalam studi masyarakat tentunya akan disampaikan minimal beberapa metode yang slama ini kita jumpai dalam praktek setiap hari. metode-metode tersebut, antara lain:
1. Karyawisata
Karyawisata atau field trip dalam pengertian pendidikan adalah kunjungan wisata keluar sekolah untuk mempelajari objek tertentu sebagai bagian integral dari kegiatan kurikulum di sekolah. Karyawisata biasanya didorong oleh motivasi: mencari keterangan tentang hal tertentu, melatih sikap anak, membangkitkan minat, mengembangkan apresiasi, menikmati pengalaman-pengalaman baru.
2. Survey Masyarakat
Van Dalen mengatakan bahwa survey merupakan bagi anda ristudi deskripif yang bertujuan untuk mencari kedudukan atau status fenomen ada nenentukan kesamaan status dengan cara membandingkan dengan standar yang sudah ditentukan. Yang termasuk studi survey sekolah, job analysis, analisis dokumen, public opinion, survey dan komuniti.
Metode yang digunakan adalah metode kunjungan pendidikan atau source visitor, selain itu juga bisa dengan mengunjungi dengan teknik interview atau teknik observasi.
3. Manusia Sumber
Seorang resource people adalah orang yang telah berpengalaman tertentu dan membagikan pengalamannya khusus itu kepada para siswa dan ia diundang kesekolah dalam rangka program pendidikan.
4. Proyek Pelayanan Terhadap Masyarakat
Service Proyek berarti memberikan pelayanan atau pengadian kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan sekolah.Maasyarakat dapat merasakan manfaat, keuntungan tertentu, masyarakat bukan hanya memperbaiki dan membantu program sekolah tetapi diperbaiki dan dibantu oleh masyarakat.
5. Berkemah
Berkemah adalah termasuk kegiatan sekolah.Progam ini untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan siswa dalam mengikuti perkembangan masyarakat yang berubah secara cepat.
6. Kerja Pengalaman
Kerja pengalaman atau kerja lapangan ini memungkinkan siswa memperoleh pengalaman praktis sebagai persiapan untuk hidup di dalam masyarakat kelak.Kerja pengalaman bermaksud untuk memberikan kesempatan kepada siswa melakukan aktifitas dalam kondisi actual, atau dengan kata lain kerja lapangan atau praktek lapangan dilakukan oleh para siswa untuk memperoleh ketrampilan dan kecakapan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar