Pages

Jumat, 21 Oktober 2011

RESUM BUKU "TEKNOLOGI PENDIDIKAN" Oleh Drs. Fatah Syukur NC, M.Ag

BAB I
PENDAHULUAN

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan sosial dan kultural, perubahan persepsi dan aspirasi, sangatlah berkembang secara cepat yang tidak mudah diikuti oleh ilmu pendidikan tradisional.
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan merupakan issue penting yang perlu ditanggapi dengan penuh kecermatan. Karena teknologi sebagai “tool” yang menjembatani dan membantu dalam mengatasi persoalan-persoalan dalm dunia pendidikan.
A. Pengertian Teknologi Pendidikan
Istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu technie berarti seni, keahlian, atau sains sedangkan logos berarti ilmu. Jadi teknologi pendidikan dalam arti sempit bisa merupakan media pendidikan, yaitu hasil teknologi sebagai alat bantu dalam pendidikan.
Sedangkan dalam arti luas yaitu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari problem solving, melaksanakan evaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.
Jadi dari pengertian teknologi pendidikan maka dapat diartikan bahwa ruang lingkupnya sangat luas yang mencakup semua faktor yaitu orang, prosedur, gagasan, peralatan dan organisasi.
B. Peran Teknologi Komunikasi Dalam Pendidikan
Komunikasi merupakan sebagai proses menyebarkan informasi, pesan, berita, pengetahuan, dan lain sebagainya.
Komunikasi dapat diartikan menjadi empat, antara lain:
1. Penerapan praktis
2. Prinsip dan penemuan ilmu komunikasi
3. Efisien dan efektif
4. Proses pendidikan
Komunikasi memegang peran penting dalam pendidikan. Karena proses penyampaian informasi antara pendidik dan peserta didik dapat berlangsung dengan baik dengan menggunakan media pengajaran. Menurut Bario, komunikasi berfungsi sebagai informasi, persuasif, rekreatif dan edukatif.
C. Media dan Psikologi Belajar
Pemakaian media dalam pendidikan sangat berkaitan dengan perkembangan psikologi belajar siswa. Menurut pandangan tradisional, belajar itu adalah usaha memperoleh pengetahuan hanya dapat diperoleh dari buku. Pandangan ini berbeda dengan pandangan modern, bahwa belajar itu didapatbtidak hanya dari buku tetapi juga guru, sekolah, dan masyarakat. Dengan interaksi antara individu dengan lingkungannya, maka siswa akan memperoleh pengalaman yang bermakna bagi hidupnya.
D. PBM sebagai Proses Komunikasi
Proses belajar pada hakekatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui media tertentu ke penerima pesan.
Ada beberapa hambatan dalam proses penyampaian informasi, antara lain:
1. Hambatan psikologis
2. Hambatan fisik
3. Hambatan kultural
4. Hambatan lingkungan
Media pendidikan sebagai salah satu sumber belajar yang dapat menyalurkan pesan yang dapat membantu mengatasi dari segala hal dengan pemanfaatan media pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar